Pengaruh Kompetensi Paedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Muhammadiyah 11 Laren

ABSTRAKSI

NABELLA MUSTAQORINA(2015), Pengaruh Kompetensi Paedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMA Muhammadiyah 11 Laren

Kata kunci : 1. Pengaruh kompetensi paedagogik guru
2. prestasi belajar siswa

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki siswa, sedangkan prestasi belajar adalah aspek kecakapan yang dimiliki siswa sebagai hasil usaha dan kegiatan belajar yang ditempuh, dipandang sebagai indikator penting dalam keseluruhan proses pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi paedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-quran Hadits di SMAMuhammadiyah 11 Laren.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode deskriptif. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi studi kepustakaan dan studi lapangan. Pelaksanaan studi lapangan ini melibatkan teknik observasi, wawancara, dan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket.
Adapun besar nilai rata-rata variable kompetensi paedagogik guru (Variabel X) memiliki rata-rata sebesar 2,49, angka tersebut dalam skala criteria penilaian berada pada interval 2,5-3,5 dengan kualifikasi sedang dan untuk nilai rata-rata prestasi belajar siswa (Variabel Y) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 3,67 angka tersebut dalam skala penilaian berada pada interval 3,5-4,5 dengan kualifikasi tinggi.
Berdasarkan analisis data terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi Paedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh variabel X terhadap Y adalah 0,86. Adapun sumbangan kontribusi variabel X terhadap Y adalah 49% dan sisanya 51% dipengaruhi oleh faktor lainnya.. Informasi ini memberikan keterangan bahwa variabel kompetensi paedagogik guru mempunyai pengaruh kuat terhadap prestasi belajar siswa yaitu Berdasarkan perhitungan di atas diketahui bahwa nilai Z hitung 4,3 > Z tabel 0,01 maka hipotesisnya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, ini berarti adanya pengaruh antara Variabel X dan Variabel Y dengan pengaruh yang signifikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>